BAHAN KULIAH
(SAP) PENGANTAR STATISTIKA
Oleh: Suharto
(SAP) PENGANTAR STATISTIKA
Oleh: Suharto
Mata Kuliah: Statistika
Kode mata Kuliah: FEM 222
SKS: 3 SKS (3 – 0)
Waktu Pertemuan: 2 X 50 menit
Pertemuam ke: I dan II
A. Tujuan Instruksional:
- Khusus:
Setelah pertemuan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dengan benar konsep dasar statistika sebagai alat bantu.
B. Pokok Bahasan:
Statistika sebagai alat bantu
C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, statistika sebagai alat bantu, statistika sampel, statistika populasi, statistika deskriptif dan
statistika inferensial.
D. Kegiatan belajar mengajar:
Tahap Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
- 1. Pengenalan mata kuliah
Memperhatikan dan mananggapi fungsi silabus dan materi yang akan disampaikan
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
- 2. Pengenalan tim pengajar
- 3. Menjelaskan silabus yang akan disampaikan selama satu semester
- 4. Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan pertama
- 5. Menjelaskan TIU dan TIK
Penyajian
- 6. Menjelaskan arti statistika
Memperhatikan dan menanggapi bagaimana hubungan antara statistika dengan ilmu
ekonomi.
- 7. Menjelaskan peranan statistika dalam menunjang ilmu pengetahuan ekonomi terapan
- 8. Memberikan contoh terapan penggunaan statistika
- 9. Menutup kuliah/pertemuan
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
- Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
- Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
- Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang
Menugaskan mahasiswa membuat contoh kasus statistika deskriptif dan statistika induktif,
atas materi yang telah disampaikan berdasarkan kejadian sehari-hari
F. Referensi:
- Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 19 – 25
- J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 1 – 13
Pertemuan ke: III
A. Tujuan Instruksional:
1. Umum:
Setelah pertemuan ini mahasiswa di harapkan dapat membedakan bagaimana data yang baik dan cara-cara membagi data.
2. Khusus:
Setelah pertemuan ini diharapkan mahasiswa
mampu memahami dan menjelaskan dengan benar cara-cara membagi data yang
digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan membagi data
dengan benar.
B. Pokok Bahasan:
1. Statistika deskriptif dan metode-metode yang di perlukan untuk memperoleh data yang baik dan membagi data.
C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, statistika sebagai metode untuk
mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisa data kuantitatif,
kualitatif, statistika sampel, populasi, statistika deskriptif dan
inferensial.
D. Kegiatan belajar mengajar:
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1. Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2. Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3. Menjelaskan TIU dan TIK
Penyajian
4. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang data yang baik dan pembagian data.
Memperhatikan dan mencatat, menanggapi bagaimana cara mengumpulkan data, mengolah, menyajikan dan menganalisis data.
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
5. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara mengumpulkan data dan pengolahan data.
6. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menyajikan, dan menganalisis data.
7. Menyakan mahasiswa contoh-contoh pengumpulan,cara menyajikan dan menganalisis data.
Penutup
8. Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, .
A. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah di sampaikan.
B. Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada.
C. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang.
E. Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa untuk membuat kasus
tentang cara mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisis data
atas materi yang telah disampaikan berdasarkan kejadian sehari-hari.
F. Referensi:
A. Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 21 – 35
B. J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 19 – 23
Pertemuam ke: IV dan V
A. Tujuan Instruksional:
1. Umum:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai pentingnya matematika dalam statistika
2. Khusus:
Setelah pertemuan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dengan benar mengenai bermacam fungsi dan penggambarannya.
B. Pokok Bahasan:
1.Macam fungsi dan cara-cara penggambarannya
C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, distribusi frekuensi, distribusi frekuensi relatif dan kumulatif, grafik histogram dan poligon.
D. Kegiatan belajar mengajar:
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1. Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2. Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3. Menjelaskan TIU dan TIK
Penyajian
4. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang beberapa macam fungsi dan cara penggambarannya
Memperhatikan, me- nanggapi tentang bagaimana menyajikan data dengan meggunakan distribusi frekuensi dan mernggunakan grafik
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
5. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membuat distribusi frekuensi
6. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara
menyajikan, dan menganalisis data dengan membuat distribusi frekuensi
relatif, kumulatif dan dengan grafik
Penutup
7. Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
a. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
b. Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
c. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yanag akan datang.
E. Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang cara membuat fungsi dan gambar berdasarkan distribusi frekuensi yang sudah di buat.
F. Referensi:
A. Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 29 – 45
B. J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 21 – 33
Pertemuam ke:VI
A.Tujun Instruksional:
1. Umum:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai ukuran variasi dan rata-rata
2. Khusus:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan
mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam rata-rata, rata-rata
hitung, median, modus rata-rata ukur dan koefisien variasi.
B. Pokok Bahasan :
1. Rata-rata simpangan, median, modus, rata-rata ukur dan harmonis, ukuran variasi dan dispersi
C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, rata-rata, kuartil, desil dan persentil, rata-rata simpangan, simpangan baku dan koefisien variasi
D. Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1. Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2. Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3. Menjelaskan TIU dan TIK
Penyajian
4. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang beberapa macam rata-rata dan cara menghitungnya
Memperhatikan dan menanggapi tentang berbagai macam ukuran rata-rata
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
5. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menbedakan antara berbagai macam rata-rata
6. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang menyajikan, dan menganalisa data dengan membuat berbagai macam ukuran rata-rata
Penutup
7. Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
A. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
B. Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
C. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang
E. Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang
cara mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan dan menganalisa data
serta membuat berbagai macam ukuran rata-rata
F. Referensi:
A. Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 39 – 45
B. J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 31 – 43
Pertemuam ke:VII dan VIII
A. Tujuan Instruksional:
1. Umum:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai ukuran dan variasi
2. Khusus:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan
mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam rata-rata simpangan,
simpangan baku dan koefisien variasi
B. Pokok Bahasan:
1. Simpangan baku, koefisien variasi d an ukuran kemencengan
C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, rata-rata simpangan, simpangan baku, koefisien variasi, ukuran kemencengan dan keruncingan kurva
D. Kegiatan belajar mengajar:
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1. Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2. Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3. Menjelaskan TIU dan TIK
Penyajian
4. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang beberapa macam rata-rata dan cara menghitungnya
Memperhatikan dan menanggapi tentang simpangan baku, koefisien variasi dan rata-rata simpangan
Pengeras suara, papan tulis, LCD.
5. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara
membedakan antara berbagai macam rata-rata simpangan, simpangan baku,
koefisien variasi
6. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menyajikan dan menganalisa data dengan berbagai macam ukuran rata-rata
Penutup
7. Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
a. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
b. Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
c. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang
E. Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa untuk membuat studi
kasus tentang cara mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan dan
menganalisa data serta membuat ukuran rata-rata simpangan, simpangan
baku dan koefisien variasi
F. Referensi:
A. Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 59 – 25
B. J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 61 – 73
Pertemuam ke: IX dan X
A.Tujuan Instruksional:
1. Umum:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai macam bentuk hubungan funsional dari dua variabel
2. Khusus:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan
mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam bentuk hubungan antara dua
variabel berdasarkan koefisien korelasi
B. Pokok Bahasan:
1.Bentuk hubungan dengan koefisien korelasi
C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, interpretasi dan cara menghingtung koefisien korelasi
D. Kegiatan belajar mengajar:
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1. Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2. Menjelaskan materi yang disampaikan dalam pokok bahasan
3. Menjelaskan TIU dan TIK
Penyajian
4. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang pengertian korelasi data kuentitatif dan kualitatif
Memperhatikan dan menanggapi tentang bagaimana cara menghitung dan
menginterpretasikan koefisien korelasi
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
5. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara
menghitung korelasi dengan data kuantitatif dan kualitatif, arti
korelasi dan interpretasinya
6. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membuat simpulan berdasarkan koefisien korelasi
Penutup
7. Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
A. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
B. Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
C. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang
E. Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang
cara mencari dan menghitung koefisien korelasi data kuantitatif dan
kualitatif, cara menganalisis dan menarik kesimpulan
F. Referensi:
A. Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 89 – 95
B. J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 91 – 113
Pertemuam ke: XI dan XII
A. Tujuan Instruksional:
1. Umum:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami bentuk hubungan regresi linier
2. Khusus:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan
mampu menghitung dan menjelaskan dengan benar berbagai macam bentuk
hubungan regresi linier antara dua variabel
B. Pokok Bahasan:
1. Bentuk hubungan dengan koefisien regresi linier
C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, cara menghingtung dan interpretasi koefisien regresi linier
D. Kegiatan belajar mengajar:
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1. Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2. Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3. Menjelaskan TIU dan TIK
Penyajian
4. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang pengertian koefisien regresi linier
Memperhatikan dan menanggapi penghi- tungan dan meng- interpretasikan koefisien regresi
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
5. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menghitung koefisien regresi linier dan cara menginterpretasikannya
6. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membuat simpulan berdasarkan koefisien regresi linier yang diperoleh
Penutup
7.Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
a. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
b. Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
c. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang
E. Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang
cara mencari dan menghitung koefisien regresi dan cara menganalisa dan
mengambil kesimpulan
F. Referensi:
A.Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 919 – 125
B.J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 101 – 133
Pertemuam ke: XIII dan XIV
A. Tujuan Instruksional:
1. Umum:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai macam hubungan fungsional dari dua variabel
2. Khusus:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan
mampu menghitung dan menjelaskan dengan benar berbagai macam bentuk
hubungan antara dua variabel atau lebih berdasarkan koefisien regresi
berganda dan koefisien parsial
B. Pokok Bahasan:
1. Bentuk hubungan dengan koefisien regresi dan korelasi parsial
C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, cara menghitung dan menginterpretasikan koefisien regresi dan korelasi parsial
D. Kegiatan belajar mengajar :
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1. Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2. Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3. Menjelaskan TIU dan TIK
Penyajian
4. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang koefisien regresi dan korelasi parsial
Memperhatikan dan menanggapi bagaimana korelasi parsial dan bagaimana cara-cara menyimpulkan
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
5. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara
menghitung koefisien regresi dan korelasi parsial dan cara-cara
menginterpretasikannya
6. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membuat simpulan berdasarkan koefisien regresi dan korelasi parsial
Penutup
7. Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
A. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
B. Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
C. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang
E. Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang
cara mencari dan menghitung koefisien korelasi dan regresi data
kualitatif dan kuantitatif serta cara menganalisis dan membuat simpulan
F. Referensi:
A. Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 129 – 135
B. J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 131 – 144
Pertemuam ke: XV dan XVI
A. Tujuan Instruksional:
1. Umum:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan
dapat memahami berbagai macam bentuk analisis hubungan, koefisien
korelasi parsial, koefisien regresi berganda, koefisien korelasi,
koefisien determinasi dan kegunaannya dalam penelitian
2. Khusus:
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan
mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam bentuk hubungan antara dua
variabel atau lebih serta dapat menggunakannya dalam aplikasi ilmu
ekonomi
B. Pokok Bahasan:
1. Analisis hubungan dan pengaruh dengan menggunakan alat analisis regresi dan korelasi sederhana dan berganda
C. Sub Pokok Bahasan
Pengertian, arti koefisien regresi berganda,
koefisien korelasi berganda, koefisien regresi parsial, koefisien
korelasi parsial, koefisien determinan dan cara-cara mengambil simpulan
yang benar
D. Kegiatan belajar mengajar:
Tahap Kegiatan
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Alat pengajaran
Pendahuluan
1. Penjelasan tentang pertemuan yang lalu
Memperhatikan
2. Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan
3. Menjelaskan TIU dan TIK
Penyajian
4. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang
pengertian koefisien regresi berganda, koefisien korelasi parsial dan
koefisien determinasi
Memperhatikan, dan menanggapi bagaimana
membedakan variabel independen dan dependen dalam regresi dan korelasi
berganda, serta bagaimana menggunakannya dalam penelitian
Pengeras suara, papan tulis, OHP.
5. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang
menghitung koefisien regresi dan korelasi berganda, korelasi dan regresi
parsial, koefisien determinasi dan cara menginterpretasikan data
penelitian
6. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang membuat interpretasi dan membuat simpulan
Penutup
7. Menutup kuliah/pertemuan
Bertanya
A. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
B. Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada
C. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang
E. Evaluasi:
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang
cara mencari dan menghitung koefisien regresi dan korelasi berganda,
korelasi dan regresi parsial, koefisien determinan dan bagaimana membuat
simpulan hasil penelitian.
F. Referensi:
A. Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 159 – 165
B. J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 141 – 167.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar