Dalam rangka pengambilan keputusan manajerial, maka pihak manajemen
harus mengetahui besarnya respon perubahan permintaan konsumen akibat
adanya perubahan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tersebut.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu barang dapat dibedakan menjadi:
1. Faktor-faktor yang dapat dikontrol oleh perusahaan seperti harga barang itu sendiri dan biaya iklan. Faktor-faktor ini disebut Variabel Endogen
2. Faktor-faktor yang berada di luar kontrol perusahaan seperti pendapatan konsumen, harga pesaing, suku bunga kredit dan lain-lain. Faktor-faktor ini disebut Variabel Eksogen.
Pengukuran kuantitatif besarnya respon perubahan permintaan akibat adanya perubahan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu barang disebut Elastisitas.
Sehingga rumus Elastisitas secara umum dapat dinyatakan:
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu barang dapat dibedakan menjadi:
1. Faktor-faktor yang dapat dikontrol oleh perusahaan seperti harga barang itu sendiri dan biaya iklan. Faktor-faktor ini disebut Variabel Endogen
2. Faktor-faktor yang berada di luar kontrol perusahaan seperti pendapatan konsumen, harga pesaing, suku bunga kredit dan lain-lain. Faktor-faktor ini disebut Variabel Eksogen.
Pengukuran kuantitatif besarnya respon perubahan permintaan akibat adanya perubahan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu barang disebut Elastisitas.
Sehingga rumus Elastisitas secara umum dapat dinyatakan:
Elastisitas
: Persentase perubahan variabel dependen (tidak bebas) akibat adanya
perubahan variabel independen (bebas) sebanyak 1%.
Elastisitas Harga Permintaan
Untuk mengetahui sampai sejauh mana respon suatu permintaan terhadap perubahan harga, digunakan suatu pengukuran kuantitatif yang dinamakan Elastisitas Harga Permintaan.
Elastisitas harga permintaan : mengukur besarnya persentase perubahan jumlah(kuantitas) barang yang diminta per periode waktu akibat adanya suatu persentase perubahan harga, dengan menganggap variabel independen lainnya dalam fungsi permintaan konstan.
Elastisitas Harga Permintaan
Untuk mengetahui sampai sejauh mana respon suatu permintaan terhadap perubahan harga, digunakan suatu pengukuran kuantitatif yang dinamakan Elastisitas Harga Permintaan.
Elastisitas harga permintaan : mengukur besarnya persentase perubahan jumlah(kuantitas) barang yang diminta per periode waktu akibat adanya suatu persentase perubahan harga, dengan menganggap variabel independen lainnya dalam fungsi permintaan konstan.
Elastisitas Pendapatan Permintaan
Elastisitas pendapatan permintaan ini mengukur respon permintaan terhadap perubahan pendapatan dengan menganggap variabel lainnya konstan.
Elastisitas Pendapatan Permintaan dan Jenis Barang
Hubungan Elastisitas Harga Permintaan dengan Hasil Penjualan(Total Revenue = TR)
Terdapat 3 bentuk hubungan antara elastisitas harga permintaan dengan total revenue TR.
1.Apabila [Ep] > 1 (elastis) maka hubungan antara perubahan harga dengan perubahan hasil penjualan adalah negatif, yaitu jika P turun maka TR akan naik,dan sebaliknya.
2.Apabila [Ep]=1 (elastis uniter) maka hubungan antara perubahan harga dengan perubahan hasil penjualan adalah nol. Yaitu jika P naik atau P turun maka TR-nya tidak beruba.
3.Apabila [Ep] < 1 (tidak elastis) maka hubungan antara perubahan harga (kenaikan/penurunan) dengan perubahan hasil penjualan adalah positif. Yaitu apabila harga naik maka TR akan naik dan jika harga turun maka TR juga turun.
Klik Materi yang ada hubungannya disini
Terdapat 3 bentuk hubungan antara elastisitas harga permintaan dengan total revenue TR.
1.Apabila [Ep] > 1 (elastis) maka hubungan antara perubahan harga dengan perubahan hasil penjualan adalah negatif, yaitu jika P turun maka TR akan naik,dan sebaliknya.
2.Apabila [Ep]=1 (elastis uniter) maka hubungan antara perubahan harga dengan perubahan hasil penjualan adalah nol. Yaitu jika P naik atau P turun maka TR-nya tidak beruba.
3.Apabila [Ep] < 1 (tidak elastis) maka hubungan antara perubahan harga (kenaikan/penurunan) dengan perubahan hasil penjualan adalah positif. Yaitu apabila harga naik maka TR akan naik dan jika harga turun maka TR juga turun.
Klik Materi yang ada hubungannya disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar